Top  blogs

Thursday 26 July 2012

Lean Angle Sensor Pada Vixion



** LEAN ANGLE SENSOR

Vixion,motor yang mengaplikasi sistem injeksi dan semua kinerjanya diatur oleh ECU ini mempunyai suatu alat yang namanya Lean Angle Sensor(LAS).
♌⌣__ ⌣♌◦°◦ººHнммMм sbenarnya LAS itu apa?? fungsi LAS apa?? dan dimana letaknya??


**Letak Lean Angle Sensor

Sedikit mengutip dari TMCblog nya mas taufik mengenai Lean Angle Sensor ato LAS yaitu suatu alat yang fungsinya mematikan mesin kendaraan,ketika dalam sudut kemiringan tertentu dan dalam keadaan diam.
sudut derajat kemiringan yang diijinkan ±60° lebih dari itu LAS langsung aktif dan mesin kendaraan mati.
itulah sebabnya bila kita kecelakaan terjatuh trus motor ambruk pasti mesin langsung mati juga.
mesin mati itu di karenakan kinerja fuel pump yang tugasnya mensuplai bahan bakar melalui injector terhenti,otomatis mesin langsung mati.

Coba bayangkan apabila ni motor injeksi tanpa adanya LAS, ktika lg riding trus jatoh???..(amit2 jgn amp jatoh yach)
motor ndlosorr dengan keadaan mesin masih menyala dan fuel pump tetap mensuplai ke injector yang ngecroottin bahan bakar tanpa ada yang menstopnya..apalagi klo terjadi kebocoran bbm-nya dan percikan api..!!??? beuhhh isoh kobong lik mongstor mu......

Kurang lebihnya asumsinya begini.....
LAS dalam posisi terbalik ato miring lebih dari 60° entah krna kcelakaan ato sengaja d balik posisinya,di asumsikan motor dalam keadaan bahaya..LAS menerima sinyal ini,langsung diteruskan ke ECU,dan ECU meng-cut aliran listrik ke FuelPump,Injector dan Ignition Koil..pengapian mati dan suplai bahan bakar distop,mesin mati..

Perlu diingat juga misal trjdi kecelakaan/motor ambruk,jangan langsung di starter karna gag bakalan mesin mau nyala....tenang gag usah panik itu dah wajar..
knapa gag nyala?? yaa itu td krna LAS sedang aktif,motor masih diasumsikan dalam keadaan bahaya.
jadi klo mo nyalain,putar posisi kunci kontak dari ON ke OFF dulu yaa..baru kmudian putar kembali ke ON,pasti terdengar suara nggiiiingggg dari fuel pump dan lampu indikator check engine nyala untuk booting ulang ato reset.

Kurang lebihnya seperti itulah seputar Lean Angle Sensor.
klo ada kekeliruan mohon di koreksi ya °˚˚ºo(•̃͡-̮•̃͡) hέhέhέ (•̃͡-̮•̃͡)oº˚˚°
☆ †h♌nk γ☺u ☆‎

Semoga Bermanfaat 

bila anda suka,tolong bntu dengan
klik tweet,suka/like ato berbagi.
☆ †h♌nk γ☺u ☆

No comments:

Post a Comment